img_head
BERITA

Lewati laut dan Gunung, Tim PA Bungku Gelar SIdang Keliling di Tanah Sumpu

Mar04

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 95 Kali


Lewati laut dan Gunung, Tim PA Bungku Gelar SIdang Keliling di Tanah Sumpu

Pengadilan Agama Bungku kembali melaksanakan sidang keliling pada Jum’at (01/03) di KUA Mamosalato. Sidang di luar Gedung Pengadilan ini merupakan sidang kedua di tahun 2019, dimana sebelumnya PA bungku telah melaksanakan sidang keliling di KUA Witaponda. Perkara yang ditangani pada sidang keliling di KUA Mamosalato sebanyak 12 perkara dengan rincian tiga perkara permohonan itsbat nikah dan sembilan perkara gugatan/cerai.

Tim yang dikomandani oleh wakil ketua PA Bungku, Fahruddin ini beranggotakan Andi Fachrurrazy KL, Sukirah, Isma Katili dan Ahmad Rijal. Jarak yang ditempuh menuju tempat pelaksanaan sidang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dimulai dari keberangkatan menuju pelabuhan Kolonodale di Kabupaten Morowali Utara, tim menuju pelabuhan Kolo dengan menumpang kapal kayu yang berangkat sekitar pukul 02.00 WITA dinihari. Walaupun harus mengarungi lautan dengan kondisi gelombang yang cukup tinggi, Alhamdulillah rombongan dapat tiba di pelabuhan Kolo pagi hari tepat pukul 07.30 WITA. Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan melewati pegunungan dengan menggunakan kendaraan roda empat menuju lokasi sidang di Tanah Sumpu, tepatnya di Kantor KUA Kecamatan Mamosalato.

Tepat pukul 08.30 WITA rombongan sampai di kantor KUA di desa Tanah Sumpu, para pihak yang akan bersidang telah menunggu. Pihak KUA yang telah menyiapkan ruangan kemudian memulai seremoni pembukaan pelaksanaan sidang dengan dipimpin langsung oleh kepala KUA mamosalato M. Shodiq. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sidang yang dilakukan oleh dua hakim tunggal. Untuk perkara permohonan, semuanya dikabulkan dan langsung mendapat salinan putusan. Salinan tersebut kemudian diserahkan oleh pemohon kepada pihak KUA untuk diterbitkan buku nikah.

Beberapa peserta sidang yang dimintai pendapat setelah selesai sidang memberikan apresiasi kepada rombongan dari PA Bungku. Masalah yang mereka hadapi selama ini karena tidak memiliki buku nikah sudah dapat diatasi. Kepala KUA pun menyambut antusias pelaksanaan sidang keliling dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua anggota tim. “Masih banyak warga kami yang ingin mengajukan permohonan itsbat nikah namun masih melengkapi berkasnya, makanya dimasa yang akan datang kami berharap Pa Bungku berkenan untuk menggelar sidang keliling di sini lagi” pesan M. Shodiq. Sementara Fahruddin selaku pimpinan rombongan juga sangat senang bisa mendatangi tempat ini untuk yang pertama kalinya sejak menjabat. “Semua diniatkan ibadah, makanya perjalanan yang jauh ini bisa dinikmati dan kami pun turut senang bisa membantu masyarakat yang membutuhkan’, pungkas fahruddin sesaat setelah selesai sidang. (Tia)