img_head
BERITA

PA Bungku Gelar Pencanangan Zona Integritas

Jan21

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 305 Kali


PA Bungku Gelar Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Agama Bungku menggelar acara Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) pada senin (21/01) di halaman kantor PA Bungku. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen seluruh aparatur PA Bungku dalam mendukung terciptanya wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di lingkungan Mahkamah Agung RI.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WITA ini selain dihadiri oleh seluruh aparatur PA Bungku, juga di hadiri oleh Bupati Morowali, Kepala Kantor Kementerian Agama Morowali, Kepala Kepolisian Resort Morowali, Kepala Kantor BRI KCP morowali, Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Morowali dan Kepala Kantor Pos Cabang bungku.

Adapun rangkaian acaranya adalah sebagai berikut :

1. Pembukaan

2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

3. Pembacaan Doa oleh Ketua MUI Morowali

4. Pembacaan Pakta Integritas Aparatur Pengadilan Agama dipimpin oleh Wakil Ketua PA Bungku dan diikuti oleh seluruh aparatur PA Bungku.

5. Pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) yang dibacakan langsung oleh Ketua PA Bungku dan disaksikan oleh para pejabat yang menghadiri kegiatan ini. Dianjutkan dengan penandatangan Piagam pencanangan oleh Ketua PA Bungku dan para saksi.

6. Sambutan dari Ketua PA Bungku dan Bupati Morowali

Dalam sambutannya Ketua PA Bungku, Ibrahim Ahmad Harun memaparkan  tentang tekad dan komitmen PA Bungku dalam menciptakan lingkungan kerja yang bebas korupsi dan birokrasi yang bersih dalam memberikan layanan kepada pencari keadilan sebagaimana tertuang Undang-undang nomor 28 Tahun 1999 tentang  Penyelenggara Negara  yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Nantinya penerapan Zona Integritas ini akan dinilai oleh Tim Penilai Internal Mahkamah Agung dan akan diusulkan ke Kementerian PAN-RB untuk mendapat predikat WBK dan WBBM. Mengingat pentingnya hal tersebut, bukan hanya pimpinan saja yang harus terlibat dalam penerapannya tetapi juga didukung penuh oleh seluruh aparatur negara di lingkungan PA Bungku.

Selain pemaparan tentang pencanangan zona integritas, Ibrahim juga menyampaikan tentang layanan yang diberikan kepada para pencari keadilan yang dimulai dari pendaftaran perkara hingga keluarnya putusan pengadilan. Dalam rangka memudahkan dan mempercepat layanan tersebut, PA Bungku menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan beberapa aplikasi pendukung diantaranya  adalah aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara), e-Court Mahkamah Agung, Aplikasi Notifikasi Perkara (ATIKA) dan aplikasi antrian sidang. Aplikasi-aplikasi ini terutama SIPP senantiasa diperbaharui dan dapat diakses setiap saat oleh pencari keadilan.

Taslim selaku Bupati Morowali mendukung sepenuhnya upaya PA bungku dalam mewujudkan Zona Integritas ini. Beliau menghimbau semua pihak agar senantiasa berhati hati agar tidak terjebak dalam perilaku korupsi sehingga bisa merugikan Negara dan masyarakat luas. Beliau juga memberikan apresiasi kepada PA Bungku yang membatu masyarakat Morowali untuk memperoleh pengesahan pernikahan. Bukti dukungan tersebut beliau wujudkan dalam MoU pelaksanaan Itsbat Nikah antara Pemerintah Kabupaten Morowali, Kementerian Agama Kabupaten Morowali dan Pengadilan Agama Bungku serta mengalokasikan anggaran dari APBD untuk pelaksanaan Itsbat Nikah di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Setelah penandatangan MoU pelaksanaan Itsbat Nikah, Ketua PA Bungku mengaku juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu PA Bungku dalam melaksanakan tupoksinya untuk memberikan layanan terbaik kepada para pencari keadilan.(Tia)