img_head
BERITA

MERIAH, SIDANG ITSBAT NIKAH DI PELAMINAN KUA BAHODOPI

Jul09

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 126 Kali


Kamis, (05/07) PA Bungku melaksanakan Sidang terpadu di Kecamatan Bahodopi bekerjasama dengan KUA Bahodopi. Perkara yang disidangkan berjumlah 16 perkara itsbat nikah yang semuanya dikabulkan oleh dua Hakim Tunggal. Adapun hakim yang bersidang hari itu adalah Ibrahim Ahmad Harun dan Abdul Muhadi yang merupakan Ketua dan Wakil Ketua PA Bungku.

Hari itu menjadi  hari yang bersejarah bagi pasangan Darsin dan Hidayani. Mereka mengikuti sidang istbat nikah untuk mengesahkan pernikahan mereka yang sudah dilangsungkan sejak tahun 2002 namun belum tercatat secara hukum. Saat ini mereka telah dikaruniai tiga orang anak dan untuk kepentingan hukum mereka sangat membutuhkan adanya buku nikah dari KUA. Masih banyaknya pasangan suami istri yang belum memilki buku nikah di Kecamatan Bahodopi dikarenakan pada saat mereka menikahbeberpa tahun yang lalu, kantor KUA Bahodopi belum dibuka. Untuk mendaftarkan pernikahan, masyarakat harus menempuh jarak yang sangat jauh ke kantor KUA Bungku Selatan.

Layanan sidang keliling ini dirasakan sangat membantu bagi mereka yang tidak mempunyai buku nikah namun terkendala dengan dana dan waktu. Panitera PA Bungku, Sukirah pun menyatakan akan menggelar beberapa sidang keliling lagi untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat tersebut.